karimun jawa

Rabu, 19 Mei 2010

JARINGAN SOSIAL DALAM MENUNJANG PROSES PENDIDIKAN

JARINGAN SOSIAL DALAM MENUNJANG PROSES PENDIDIKAN


OLEH :

SRI WULANDARI
072222710025
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah ICT. Diucapkan terima kasih kepada bapak dosen pembimbing yang telah memberikan arahan dalam penulisan makalah ini..

Disadari sepenuhnya, bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, dimohon kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan dan penyempurnaan makalah ini. Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi kita semua.


Penulis


DAFTAR ISI

Kata pengantar………………………………………………….. i
Daftar isi………………………………………………………...ii
Bab 1
Pendahuluan …………………………………………………….1
Bab 11
a. latar belakang ……….………………………………………2
b. Jaringan social ………………………..,…………………….2
c. Jaringan social untuk dunia pendidikan..…………………... 4
Kesimpulan ……………………………………………………..12
Daftar pustaka …………………………………………………13

BAB I
PENDAHULUAN

IPTEK memegang peranan penting bagi negara-negara berkembang dalam proses peningkatan standar hidup, kesejahteraan, dan melindungi sumber daya alam dan keanekaragaman hayati. Negara-negara berkembang menghadapi berbagai tantangan jangka pendek dan jangka panjang khususnya dalam hal IPTEK. Ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi bagian dari keseharian di jaman globalisasi saat ini. dikarenakan juga teknologi yang semakin pesat inilah banyak dikembangkan berbagai penelitian-penelitian untuk membuktikan suatu penemuan baru.
Jaringan social adalah situs pencari teman dari internet yang diperkenalkan memang untuk berbagi dan mencari teman. Jaringan social mulai marak belakangan ini dikeranakan dampak dari IPTEK yang semakin berkembang dan internet yang mulai menjamur di seluruh dunia maupun di Indonesia. Situs jaringan social juga semakin menjamur dikalangan masyarakat. masyrakat tak perlu lagi bersusah untuk berkomunikasi dengan teman lama maupun teman baru dengan layanan internet yang berbasis jaringan social ini, aplikasi yang diberikan juga tak kalah dari hanya sekedar situs pencari teman saja, mulai dari layangan musik, video, blog, games dan lain-lain.
Kemajuan ilmu dan teknologi khususnya komputer mampu meningkatkan kesejahteraan hidup manusia dan disisi lain dapat pula menyesatkan. Pada kenyataannya dari awal diciptakan, komputer memberikan banyak manfaat bagi manusia, seperti halnya kemudahan manusia untuk bekerja, mempermudah menyampaikan data, sampai dengan hiburan yang berdasar dari komputer. Terlebih sekarang tidak asing lagi di telinga kita, yaitu internet. Internet yang merupakan jaringan komputer terbesar di dunia, sebenarnya adalah sebuah jaringan dalam jaringan-jaringan. Internet adalah koleksi lebih dari 200.000 jaringan komputer individual yang dimiliki oleh pemerintah-pemerintah, universitas-universitas, nonprifit group, dan perusahaan-perusahaan. Jaringan-jaringan ini terhubung dengan kecepatan yang tinggi dan jarak yang jauh.
Berbagai media pun bermunculan di Internet, dengan tujuan membantu semua orang untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan lebih mudah. Online messenger seperti Yahoo Messenger dan sebagainya pun mulai bermunculan. Berbagai ide lain pun dikembangkan, sehingga lahirlah sebuah layanan baru di di dunia Internet yang bernama ‘Jaringan Sosial’.
Jenis layanan ini pun kemudian berkembang dengan pesat, puluhan website sejenis dengan kapasitas pengguna sangat besar mulai lahir di Internet, sebut saja Friendster, My Space, Hi-5, Orkut, Facebook, Temanster, twitter, multiply, Fupei, Kaskus dan lainnya..
Sekarang ini jaringan sosial merupakan sebuah layanan gratis yang paling banyak menarik perhatian pengguna Internet. Puluhan juta pengguna Internet mendaftarkan diri mereka pada layanan semacam ini dengan berbagai alasan,
Dan inilah salah satu alasan mengapa jejaring social juga seharusnya digunkan untuk menunjang proses pendidikan. Bukan hanya ada video dan music ataupun menyapa teman, di jaringan sosialpun bahkan ada forum diskusi yang bisa dimanfaatkan untuk proses pendidikan agar pelajaran terasa tak membosankan dan membuktikan kalo belajar bukan hanya di meja belajar atau forum resmi belajar lainnya, tapi di tempat jaringan sosialpun kita seharusnya membuktikan kita bisa juga pelajar atau memperoleh pendidikan.
Pendidik seharusnya lebih tanggap dalam hal ini, dengan memanfaatkan jaringan social untuk proses belajar mengajar yang mungkin selain saling sapa, bukankah bisa dimanfaatkan dengan membuka forum diskusi atau hal bermanfaat lainnya.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Latar Belakang
Jaringan social adalah situs pencari teman dan sebuah layanan yang diberikan oleh website seperti email dengan kelebihan pemilik account dapat memiliki sebuah halaman pribadi yang disebut profil dan dapat menampilkan list teman-teman di layanan itu kepada teman yang lain, dapat saling mengisi halaman pribadi satu sama lain dan dapat menemukan teman-teman baru dengan mudah di seluruh dunia. Jenis layanan ini pun kemudian berkembang dengan pesat, puluhan website sejenis dengan kapasitas pengguna sangat besar mulai lahir di Internet, sebut saja My Space, Facebook, twitter, multiply, Fupei, Kaskus dan lainnya..
Pendidikan tak ubahnya sebagai salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sebaiknya juga memikirkan cara bagaimana belajar model terbaru dengan memanfaatkan teknologi masa kini. Seperti halnya dengan berkembangnya situs jaringan social yang menarik minat masyarakat, sebaiknya sebagai pendidikan juga memikirkan cara bagaimana kita mempergunakan dan memanfaatkan sebagai salah satu metode belajar gaya baru.
B. Jaringan Sosial
1. Twitter

Twitter didirikan oleh 3 orang yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams pada bulan Maret tahun 2006. Dan baru diluncurkan bulan Juli ditahun yang sama. Twitter adalah jejaring sosial dan micro-blogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi update (perbaruan) informasi tentang diri kita, bisnis dan lain sebagainya.
Bagi Anda yang sudah biasa dengan dunia blog tentunya paham bahwa kita dapat menuliskan artikel ke dalam blog kita. Namun jangan membayangkan bahwa Twitter juga dapat melakukan hal tersebut secara bebas namun disinilah uniknya Twitter. Kita hanya dibatasi 140 karakter untuk menuliskan artikel, tidak bisa gambar dan video. Oleh karena itulah makanya Twitter digolongkan ke dalam jenis micro-blogging. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa orang Indonesia kurang menyukai jenis micro-blogging. Tapi justru itulah letak kekuatan dan kehebatan dari Twitter. Tapi jangan anggap enteng dulu Twitter, karena saat ini orang Indonesia sudah sangat banyak dan semakin bertambah untuk menggunakan situs layanan ini.
2. My Space
Situs ini muncul pada Januari 2004. Asyiknya anggota jejaring ini bisa melihat tampilan video di MySpace via ponsel. Bahkan, penggunaan video mobile MySpace bisa mengalahkan video streaming YouTube. MySpace merupakan situs jaringan sosial. Kantor pusatnya berada di Beverly Hills California Amerika Serikat di mana saham gedung perkantoran dengan pemilik langsung Fox Interactive Media yang dim ...
MySpace merupakan situs jaringan sosial. Kantor pusatnya berada di Beverly Hills California Amerika Serikat di mana saham gedung perkantoran dengan pemilik langsung Fox Interactive Media yang dimiliki oleh News Corporation. MySpace menjadi yang paling populer situs jaringan sosial di Amerika Serikat pada bulan Juni 2006. Menurut comScore MySpace internasional dikuasai oleh pesaing utama Facebook pada bulan April 2008 berdasarkan pengunjung unik setiap bulan. MySpace mempekerjakan 1.000 karyawan setelah sebelumnya merumahkan 30% dari tenaga kerja pada bulan Juni 2009; perusahaan tidak mengungkapkan pendapatan atau keuntungan secara terpisah dari News Corporation. 100 millionth rekening telah dibuat pada 9 Agustus 2006 di Belanda.
Setelah peluncuran Friendster ditahun 2002 beberapa karyawan dengan Friendster eUniverse rekening melihat potensi dan memutuskan untuk meniru fitur yang lebih populer dari situs jaringan sosial pada bulan Agustus 2003. Dalam waktu 10 hari versi pertama MySpace siap untuk diluncurkan. Infrastruktur lengkap keuangan sumber daya manusia keahlian teknis bandwidth dan kapasitas server yang tersedia untuk situs langsung dari pintu gerbang sehingga tim MySpace tidak terganggu dengan khas masalah start-up. Proyek ini diawasi oleh Brad Greenspan (Universe Pendiri Chairman CEO) yang berhasil Chris DeWolfe (mulai MySpace CEO) Josh Berman Tom Anderson (MySpace mulai presiden) dan sebuah tim programmer dan sumber daya yang disediakan oleh eUniverse.
MySpace pertama pengguna yang eUniverse karyawan. Perusahaan mengadakan kontes untuk melihat siapa yang bisa sign-up yang sebagian besar pengguna. Perusahaan kemudian menggunakan sumber daya yang dimilikinya untuk mendorong MySpace kepada massa. eUniverse digunakan dengan 20 juta pengguna dan pelanggan e-mail dengan cepat bernapas kehidupan ke MySpace dan memindahkannya ke kepala pak situs jaringan sosial. Arsitek kunci adalah ahli teknologi Toan Nguyen yang membantu menstabilkan MySpace panggung ketika Brad Greenspan memintanya untuk bergabung dengan tim.
Asal usul MySpace.com adalah sebuah situs domain dimiliki oleh YourZ.com Inc Hal ini dimaksudkan untuk menjadi sebuah penyimpanan data online terkemuka dan situs berbagi sampai 2002. Pada 2004 MySpace dan MySpace.com yang ada sebagai sebuah merek yang terkait dengan YourZ.com telah membuat transisi dari penyimpanan virtual situs ke situs jaringan sosial. Ini adalah hubungan alami kepada Chris DeWolfe dan seorang teman yang mengingatkan bahwa ia telah sebelumnya membeli domain URL MySpace.com berniat untuk digunakan sebagai web hosting situs karena keduanya bekerja di satu waktu dalam bisnis virtual penyimpanan data yang sendiri adalah korban dari 鈥渄ot bom鈥?era.
Tak lama setelah meluncurkan situs anggota tim Chris DeWolfe menyarankan agar mereka mulai memungut biaya layanan MySpace dasar. Brad Greenspan nixed gagasan percaya bahwa menjaga MySpace bebas dan terbuka yang diperlukan untuk membuatnya menjadi besar dan masyarakat yang berhasil.
Beberapa karyawan dari MySpace termasuk DeWolfe dan Berman yang kemudian bisa membeli saham dalam properti sebelum MySpace dan perusahaan induknya eUniverse (kini dinamai mencampurkan Media) dibeli pada bulan Juli 2005 sebesar US $ 580 juta oleh Rupert Murdoch鈥檚 News Corporation (perusahaan induk Fox Broadcasting dan perusahaan media lainnya). Dari jumlah ini sekitar US $ 327 juta telah dipertalikan dengan nilai MySpace menurut pendapat keadilan penasihat keuangan.
Pada Januari 2006 Fox mengumumkan rencana untuk meluncurkan versi Inggris MySpace dalam upaya untuk memasuki musik Inggris?yang mereka punya sejak dilakukan. Mereka juga merilis versi di Cina dan telah sejak diluncurkan versi serupa di negara lain.
Sejarah perusahaan MySpace serta situation Tom Anderson sebagai pendiri MySpace telah menjadi masalah beberapa sengketa publik.MySpace termasuk jejaring sosial yang penuh aplikasi. Sampai Maret 2008, 2,1 juta aplikasi diinstal ke komunitas MySpace. Salah satunya, truth box untuk komunikasi. Dalam sehari, tercatat sekitar 117 juta pengunjung menyambangi MySpace. Sampai awal tahun 2008 anggota MySpace paling banyak bermukim di AS. Namun, di Indonesia situs ini tidak begitu popular.
3. Fupei

FUPEI (Friends Uniting Program Especially Indonesian) adalah sebuah situs jaringan sosial yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal dari booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik, video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan nama fupeis.
Fupei yang berdiri pada bulan Mei 2004 didirikan oleh Sanny Gaddafi. Pada mulanya, ide dasar untuk membangun situs ini berawal dari hanya sebuah hobi yang dipicu oleh merajalelanya Friendster pada saat itu. Namun, lama kelamaan FUPEI mendapat tanggapan yang positif dari pengguna internet di Indonesia. Sejak pertama diluncurkan, pendaftar-pendaftar di FUPEI setiap hari terus bertambah. Hal ini menjadikan sebuah motivasi bagi sang pendiri untuk terus bekerja keras mengembangkan situs jaringan sosial ini.
Untuk terus menonjolkan Fupei sebagai situs lokal, Fupei akan dilengkapi dengan bahasa pengantar lain. Selain bahasa Indonesia dan Inggris, Fupei juga akan dilengkapi dengan bahasa daerah. Hingga saat ini sudah ada lima bahasa daerah seperti Jawa, Sunda, Padang, Lampung dan Betawi. Sedangkan beberapa bahasa lainnya seperti Bugis, Papua, Palembang dan Manado masih dalam proses pengerjaan.
Fasilitas unggulan Fupei adalah kostumisasi profil Fupeis, games, blog, forum dan chatroom. Fupeis juga dapat menikmati photo album, musik, video dan ecard dengan teknologi yang tidak kalah dengan flickr, MySpace, YouTube dan Friendster
4. Kaskus
Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar Indonesia Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald, dan Budi, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Anggotanya, yang berjumlah lebih dari 1.620.000 member, tidak hanya berdomisili dari Indonesia namun tersebar juga hingga negara lainnya. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa.

Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 600 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga saat ini Kaskus sudah mempunyai lebih dari 100 juta posting.

Menurut Alexa.com, pada bulan April 2010 Kaskus berada di peringkat 313 dunia dan menduduki peringkat 6 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Kaskus juga mempunyai Kaskus Radio yaitu sebuah Radio Internet Indonesia di bawah naungan komunitas kaskus. Kaskus radio yang biasa disingkat KR memiliki lebih dari 20 penyiar. Radio yang memutarkan lagu selama 24 jam ini juga memutarkan lagu dari berbagai bahasa, Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.

Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia dimana Kaskus masuk dalam target penyerangan.

Awal April 2007, manajemen Kaskus menambah 2 server baru untuk meningkatkan performance situs Kaskus (Dell Server). Pada Juli 2008, Pengelola Kaskus akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut Kaskus membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan 8 server lagi sehingga total yang akan beroperasi di bulan September adalah 16 server.

Pada tanggal 16—17 Mei 2008, Kaskus diserang menggunakan teknik DDoS (Distributed Denial of Service) oleh oknum yang diduga berasal dari komunitas YogyaFree. Serangan ini menyebabkan database Kaskus corrupt sehingga administrator terpaksa mengunci thread-thread yang ada.
Penyerangan tersebut diduga terkait dengan peristiwa perusakan (deface) situs YogyaFree beberapa hari sebelumnya. Penyerang yang mengklaim dirinya sebagai salah satu anggota Kaskus juga melontarkan celaan yang bernada mengejek di salah satu bagian forum YogyaFree. Hal tersebut membuat beberapa anggota YogyaFree berang, dan kemudian balik menyerang Kaskus dengan DDoS. Akibatnya, administrator Kaskus terpaksa mematikan server Kaskus. Perang cyber antara kedua komunitas ini akhirnya selesai ketika kedua pengelola situs menandatangani memorandum online untuk menyudahkan pertikaian di antara keduanya. Pesan tersebut dipampang selama beberapa minggu di halaman situs masing-masing.
Meskipun kerusakan yang ditimbulkan oleh serangan ini cukup berat, administrator Kaskus menjanjikan bahwa Kaskus akan kembali normal pada bulan Juli 2008, seiring dengan diluncurkannya server baru Kaskus di gedung Cyber, Jakarta Namun, ia juga mengatakan bahwa data-data yang akan dimunculkan kembali adalah data yang dimuat sebelum tahun 2008, sementara data yang dibuat selama tahun 2008 tidak dapat dimunculkan kembali.
Kaskus meluncurkan sebuah layanan terbaru dari situs Kaskus yang menyediakan sistem pembayaran secara online yang disebut KasPay. Layan tersebut telah diluncurkan pada Jumat 6 November 2009, pada acara Perayaan Ulang Tahun ke-10 Kaskus di Poste, The east building, Kuningan, Jakarta. Layanan transaksi ini dapat digunakan tidak hanya di Kaskus tetapi dapat digunakan terhadap situs-situs lain yang berafiliasi dengan KasPay.
Kaspay akan beroperasi layaknya E-wallet yang akan dijadikan alat untuk transaksi jual beli di seluruh transaksi online. Seluruh proses transaksi KasPay dilakukan melalui transfer sejumlah uang, sehingga aman dari modus penipuan dan pemalsuan kartu kredit dan keamanan transaksi selalu dipastikan dengan konfirmasi melalui e-mail dan catatan transaksi.

5. Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg,awalnya hanya untuk linkungan sendiri dimana digunakan untuk komunikasi antar mahasiswa lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School.
Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
6. Multiply
Multiply adalah situs yang penting bagi jaringan social karena multiply mempunyai banyak manfaat selain situs pertemanan biasa yang sering kita lihat sekarang ini. Dari sekian banyak jenis situs penyedia layanan gratis social di dunia maya, multiply sudah santer terdengar di kalangan pencinta internet 4 tahun lalu. Fitur yang diberikan multiply adalah blog, catatan atau memo, video, photo hingga musik.

C. Manfaat Jaringan Social Untuk Dunia Pendidikan
Sebagai situs jaringan social, mereka memberikan beberapa fitur unggulan yang bisa kita peroleh untuk memudahkan masyarakat untuk mempergunakannnya. Situs jaringan social sering dibilang menyesatkan dan dipandang rendah hanya untuk mempengaruhi anak bangsa untuk melakukan hal yang tak berguna, padahal dengan adanya situs jaringan social banyak hal yang kita peroleh salah satunya adalah berbagi. Berbagi disini tak hanya lewat forum diskusi tapi juga berbagi apapun meski terkadang kita tidak saling kenal di dunia nyata. Berbagai macam hal dapat kita peroleh dari situs jaringan social, masing-masing mempunyai kelebihan masing-masing dalam hal mendukung berkembangnya pengetahuan.
Seperti situs jaringan social berikut ini dengan manfaatnya bagi dunia pendidikan :
1. Twitter adalah Situs layanan ini dikenal dengan microbloging dimana khusus buat seseorang yang ingin menjalankan bisnis online atau belajar untuk menjalanankan bisnis via Internet akan dapat memanfaatkan Twitter sebagai media promosi gratis yang cukup efektif, terutama apabila kita bermain bisnis afiliasi dimana Anda butuh trafik kunjungan yang signifikan menuju blog Anda.
2. Manfaat Fupei bagi dunia pendidikan juga sangat banyak dengan situs jejaring social yang sedang marak ini, yaitu ajang untuk menunjukkan bakat dan kemampuan karena Fupei memberikan layanan kostumisasi profil Fupeis, games, blog, forum dan chatroom. Fupeis juga dapat menikmati photo album, musik, video dan ecard dengan teknologi yang tidak kalah dengan flickr, MySpace, YouTube dan Friendster
3. Manfaat kaskus bagi dunia pendidikan adalah kaskus menawarkan aplikasi semacam forum untuk berdiskusi atau tanya jawab mengenai satu hal yang diperbincangkan. Kaskus juga berguna untuk dapat membuat catatan di blognya kaskus dan setelahnya kita dapat mempublikasikan kepada teman-teman kita yang berada di kaskus tersebut sebagai ajang menunjukkan bakat dan kemampuan.
4. Facebook mempunyai manfaat yang cukup beragam karena facebook mempunyai berbagai fitur yang memudahkan kita mulai dari forum diskusi yang bisa dimanfaatkan untuk saling bertukar informasi mengenai satu hal, fitur catatan adalah untuk menunjukkan bakat kita di dunia tulis menulis ataupun hal lainnya, dan fitur lainnya yang tak kalah dari jaringan social lainnya.
5. Multiply mempunyai manfaat bagi dunia pendidikan dalam hal berbagi melalui catatan atau di sebut blog, hampir sama dengan situs jaringan laiinya yang bisa untuk berbagi bersama dengan minat yang sama.

KESIMPULAN

Kemajuan ilmu dan teknologi khususnya komputer mampu meningkatkan kesejahteraan hidup manusia dan disisi lain dapat pula menyesatkan. Pada kenyataannya dari awal diciptakan, komputer memberikan banyak manfaat bagi manusia, seperti halnya kemudahan manusia untuk bekerja, mempermudah menyampaikan data, sampai dengan hiburan yang berdasar dari komputer. Terlebih sekarang tidak asing lagi di telinga kita, yaitu internet. Internet yang merupakan jaringan komputer terbesar di dunia, sebenarnya adalah sebuah jaringan dalam jaringan-jaringan. Internet adalah koleksi lebih dari 200.000 jaringan komputer individual yang dimiliki oleh pemerintah-pemerintah, universitas-universitas, nonprifit group, dan perusahaan-perusahaan. Jaringan-jaringan ini terhubung dengan kecepatan yang tinggi dan jarak yang jauh.
Pendidikan tak ubahnya sebagai salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sebaiknya juga memikirkan cara bagaimana belajar model terbaru dengan memanfaatkan teknologi masa kini. Seperti halnya dengan berkembangnya situs jaringan social yang menarik minat masyarakat, sebaiknya sebagai pendidikan juga memikirkan cara bagaimana kita mempergunakan dan memanfaatkan sebagai salah satu metode belajar gaya baru.

DAFTAR PUSTAKA

Oky, Fardian, Muhammad Surip dan Murah salman, 2009.Teknologi informasi dan komunikasi . Medan. Cipta Pustaka media perintis
Wikipedia. Kaskus. Http/ www. wikipedia Indonesia
Wikipedia. Twitter. Http/ www. wikipedia Indonesia
Wikipedia. Fupei. Http/ www. wikipedia Indonesia
Wikipedia. My Space. Http/ www. wikipedia Indonesia
Wikipedia. Facebook. Http/ www. wikipedia Indonesia
Wikipedia. Multiply. Http/ www. wikipedia Indonesia
id.shvoong.com/internet-and-technologies/websites/1918499-pengertian-facebook/