karimun jawa

Jumat, 04 Maret 2011

Fenomena facebook SumUt

Tak heran ketika kita berada dizaman yang telah memasuki era teknologi segala sesuatunya haruslah dengan berhubungan dengan teknologi. Teknologi menjadi salah satu hal kebutuhan utama, dengan dibarengi dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Ketika kita tak bisa mengikuti perkembangan teknologi, masyarakat menganggapnya Gaptek atau Gak Gaul. Oleh karena dan sebab itu siapa yang tak mengenal facebook dewasa ini ? Facebook sebagai situs pertemanan merupakan salah satu situs yang terkenal selain Twitter, yang saat ini sangat terkenal di Indonesia. Facebook dijadikan fenomena paling terkemuka yang membuat masyarakat menjadi menggilai situs internet saat ini mengalahkan Friendster yang mulai ditinggalkan semenjak tahun 2007. siapa yang tak mengenal situs paling terkenal di seluruh dunia yang penggunanya diseluruh dunia saja mencapai lebih dari separuh masyarakat dunia, mulai dari anak-anak, remaja di bawah 17 tahun, remaja, dan juga dewasa yang punya akun facebook. Seiring semakin maraknya facebook dan warnet yang juga menjamur dimana-mana. Hingga saat ini harta pendapatan untuk facebook sendiri kurang lebih hingga US$ 3 miliar atau sekitar Rp 27,9 triliun.

Facebook adalah sebuah social networking yang dirintis pertama kali pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard bernama Mark Zuckerberg yang lahir di Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat (AS). Ide berawal ketika dia bersekolah di Exeter High School, New HampshireSaat itulah dia berkenalan dengan Adam D’Angelo. Zuckerberg lulus dan masuk Harvard University, awalnya membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Proyek pertamanya adalah facemash.com dan hingga sekarang berganti namanya menjadi facebook yang dikenal secara luas sampai saat ini.

Peter Thiel, memprediksi pendapatan situs ini pada 2015 nanti bisa mencapai US$ 1 miliar. Nah, pada saat itu, nilai perusahaan pun bakal ikut meroket menjadi sekitar US$ 8 miliar. Ada juga iklan baris gratis di Facebook. Fitur yang diberi nama Facebook Marketplace ini diluncurkan pada 14 Mei 2007. Layanan baru ini pun langsung menjadi pesaing perusahaan-perusahaan online lain. Craigslist yang sudah lebih dulu menempatkan iklan baris di situsnya. Bisnis Zuckerberg pun kian mengalir lancar. Bahkan, Apple rela memperpanjang kerja sama dengan Facebook untuk memajang contoh musik iTunes. Facebook membeli perusahaan Parakey Inc., dari Blake Ross dan Joe Hewitt, pada Juli 2007. Parakey adalah produsen aplikasi komputer yang mempermudah transfer data berupa tulisan, gambar, dan video ke sebuah situs di internet. Bill Gates, pada Oktober 2007 membeli 1,6% saham Facebook seharga US$ 240 juta. Pasalnya, Zuckerberg tidak berniat menjual semua saham Facebook sekaligus. Alasannya sederhana dan sungguh mulia, dia ingin Facebook tetap independen.

Sekarang jumlah pegawainya sendiri telah mencapai 400 orang. Namun, Facebook adalah perusahaan unik. para eksekutif dan petingginya masih berusia muda, antara 24 tahun-37 tahun. Hingga saat ini harta kekayaan Zuckerberg kurang lebih hingga US$ 3 miliar atau sekitar Rp 27,9 triliun.

Facebook semakin berkembang di Indonesia di antara web dengan basis yang sama seperti Twitter, Multiply, Kaskus, My Space ataupun Friendster. Pengguna facebook sendiri di indonesia adalah kurang lebih separuh masyarakat indonesia. apalagi semenjak facebook mulai menambahkan aplikasi game online kedalamnya. Farmville, Poker, Petville dll adalah contoh game yang ada di dalam facebook. Facebook juga memberikan kemudahan dengan menambahkan chat sebagai unggulan dari facebook sendiri. Selain sebagai situs pertemanan, facebook juga mulai dimanfaatkan oleh orang-orang untuk melakukan transaksi yang menguntungkan ketika kita bisa memanfaatkannya dengan baik.

Semakin banyak pengguna dan berkembang facebook juga semakin dimanfaatkan dengan banyaknya bermunculan toko-toko online, cari jodoh, grup- grup penggemar dan lain sebagainya. Selain itu, Sadar atau tidak juga secara langsung atau tidak langsung facebook ternyata juga bisa membuat orang mengalami perubahan kepribadian. Facebook bisa merubah kepribadian yang biasanya pendiam menjadi lebih aktif, yang biasanya aktif menjadi lebih pendiam dan hanya jadi pendengar atau pembaca yang baik, atau juga yang biasanya aktif menjadi lebih aktif.

* Waktunya Facebook di Indonesia, apa kata remaja di SumUt ???

Sampai saat ini segalanya dikuasai oleh teknologi yang membuat kita juga semakin tergantung untuk mempergunakan teknologi. Teknologi sendiri seperti mengikat pergelangan kaki dan kita dibuat tak bisa melarikan diri untuk selalu mempergunakannya. Contohnya saja facebook yang setiap berapa detik sekali masyarakat selalu saja update status di facebook sendiri. Bagaimana pendapat Anak Sumatera Utara menanggapi fenomena ini:

· Adinda Susi Lestari (22 th, sasindo ‘07 Unimed)

“dengan adanya facebook, sekarang semuanya menyenangkan karena difacebook kita bisa curhat, cari jodoh, update status, koment-komenan status. Bahkan temen yang jauh bisa serasa dekat dengan adanya facebook. Harapan saya kedepan facebook bisa memberikan info atau berita terbaru tanpa harus capek-capek membuka situs lain kemudian men-sharenya ke facebook lebih dulu.”

· Ari (20 th, Sejarah Unimed)

“senang banget dengan adanya facebook, bisa kenalan dengan orang yang sebelumnya gak kita kenal. Bisa dekat dengan orang yang tak terduga, juga bisa maen game online di facebook. Jadi sekalian chat dengan teman kita juga sambil maen game di situs yang sama. Harapan saya facebook bisa memberikan yang terbaik lagi, menjadikan hidup lebih mudah lagi.”

· Rani (17 th, SMAN 4 Pematang Siantar)

“orang-orang udah ketergantungan sama fb, kalo akun facebook ditutup mungkin bakalan banyak yang protes. Walaupun sekarang banyak terjadi tindak kriminal lewat facebook gak buat penggunannya berkurang. Harapannya untuk fb kedepannya tingkat keamananya seharusnya lebih ditingkatkan biar gak mudah dihack orang-orang yang tak bertanggung jawab.”

· Dewi .A (26 th, Ibu rumah tangga di Medan)

“ada positif ada negatifnya. Dengan adanya facebook bisa memudahkan untuk menyambung silahturahmi dengan teman-teman yang lama tak jumpa. Tapi juga membuat kita terlena. Facebook kedepannya bisa memberikan hadiah langsung atau lucky draw untuk pengunjung tersering update. Hahahaha... (ngarep mode on^^) ”

· Luv’u B’tiq (butik online yang ada di facebook)

“dengan facebook memudahkan kami untuk mempromosikan produk kami secara online, jadi bukan hanya medan saja yang menjadi pelanggan kami, tapi dari luar Medan juga bisa membelinya. Harapan untuk situs ini kedepan semoga memberikan kemudahan yang lebih baik lagi.”

(wulandari/ dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar